Media Pembelajan Fikih Kelas 5 " MoSyaJi (Monopoli Syar'i Haji)"

           "MoSyaJi (Monopoli Syar'i Haji)"

               Oleh: Ibu Nurul Hikmah, S.Pd
Apa tujuan dari media ini? Apa aja sih perangkat yang terdapat dalam media tersebut? Dan bagaimana cara bermainnya? Simak perjelasan berikut ini yaa..☺️

A. Tujuan Media
1. Memudahkan Guru dalam menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan Haji dan Umroh secara efektif dan efesien.
2. Mengenalkan kepada siswa tentang tata cara pelaksanaan rukun Islam yang ke-5. 
3. Memudahkan siswa dalam mempraktekkan Haji dan Umroh dengan cara yang menyenangkan.
4. Melatih kekompakkan dalam bekerjasama dan menumbuhkan rasa percaya diri.

B. Perangkat Media

1. Terdapat miniatur ka'bah, Bukit Shafa - Marwah, Jabal Rahmah, tenda untuk mabit, tempat untuk melontar jumrah, dan gambar-gambar hewan, tumbuhan serta perlengkapan kurban.
2. Terdapat 2 Pion (sepasang kartun laki-laki dan perempuan yang mengenakan kain ihram).
2. Papan Monopoli di ganti dengan Huruf-huruf hijaiyyah dari ا - ي yang berisikan kosa kata bahasa Arab berdasarkan awalan huruf dan sesuai benda-benda yang terdapat dalam media tersebut misalnya : 
(Kurma ت= تمر )،( Gunung ج = جبل ) dsb.
3. Sebagai pelengkap ditambahkan angka-angka dalam bahasa arab
4. Simbol lampu (💡) sebagai informasi pengetahuan baru berupa Hadits-hadits nabi " Tahukah kamu?"
Misalnya :  Sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya kemudian mendatangi masjid ini, yakni Masjid Quba kemudian salat di dalamnya, maka pahalanya seperti ia menjalankan umrah,” (Ibnu Majah).
5. Simbol tanda tanya (❓) sebagai pertanyaan yang harus dijawab oleh pemain.
Misalnya : Sebutkan rukun-rukun ibadah Haji?
6. Simbol kelompok sosial♻️ sebagai tantangan.
Misalnya : Mempraktekkan tata cara pelaksaan haji sampai selesai !
7. Dan terakhir sediakan dadu🎲 untuk menjalankan permainan.

C. Implementasi MoSyaJi

1. Buatlah 2 kelompok masing-masing 3-4 siswa
2. Sebelum bermain, Siswa melakukan apersepsi yaitu menyanyikan lagu "Saya Mau ke Mekah"
Liriknya
Saya mau ke Mekkah
Berkeliling keliling Ka'bah
Sambil Baca Talbiyah
Dan wukuf di Arafah

Lalu melempar jumroh
Ula wustha aqabah
Sai....sai....
Dari Safa ke Marwah

Allah Maha Penyayang
Sayangnya tak terbilang
Allah Maha Pengasih
Tak pernah pilih kasih

Allah yang Maha Tahu
Tanpa diberi tahu
Allah....Allah...
Lailahaillallah

Lailahaillallah
Lailahaillallah

Aku mau ke Mekkah
Berkeliling keliling Ka'bah
Sambil Baca Talbiyah
Dan wukuf di Arafah

Lalu melempar jumroh
Ula wustha aqabah
Sai....sai....
Dari Safa ke Marwah

3. Kemudian siswa "suwit atau Hompipa" untuk menentukan kelompok pertama yang memulai permainan.

4. Dadu di lempar, kemudian siswa menjalankan pion sesuai dengan angka pada dadu tersebut.

5. Jika pion berhenti pada salah satu huruf hijaiyah maka siswa diminta untuk menghafalkan kosakata tersebut.

6. Jika siswa berhenti pada simbol lampu maka harus membacakan "pengetahuan baru" kepada teman-temannya.

7. Jika siswa berhenti pada simbol tanda tanya maka kelompok harus menjawab pertanyaan tersebut.

8. Jika siswa berhenti pada simbol kelompok sosial maka harus melaksanakan tantangan bersama-sama.

9. Dan Jika siswa tidak mampu menjawab dan melaksanakan tantangan maka di anggap kalah dalam permainan ( digantikan dengan kelompok baru)

10. Siswa yang telah menyelesaikan permainan harus menyebutkan (menyetorkan) kosa kata yang telah mereka kumpulkan selama permainan.

11. Siswa yang menang dalam permainan akan mendapatkan hadiah.


Demikian paparan saya tentang media pembelajaran "MoSyaJi" ini, semoga dapat menginspirasi ibu/bapak guru dan teman-teman. 

Terimakasih🙏

Salam 1 Profesi❤️





Komentar

Postingan populer dari blog ini

MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SATUAN PANJANG KELAS 5 SD/MI

Hari ke 67 PPL dan KKN di Ummul Qura Puteri